Segala Pelayanan dapat Dilakukan di Kantor Pemerintah Desa Tanjung | Jangan lupa selalu Pakai Masker, Cuci tangan dengan sabun dan Sosial Distancing  

SERUNYA NONTON KETOPRAK, WARISAN BUDAYA INDONESIA

Dzauq | 17 Agustus 2020 09:27:45 | Berita Desa | 25 Kali

tanjung-rembang.desa.id | Senin (17-08-20) Ketoprak, mungkin jika mendengar kata tersebut kita membayangkan sebuah makanan yang biasa ditemui di jalanan. Namun ternyata tidak, Nama tersebut juga terdapat pada kesenian yang memiliki nama yang sama dengan makanan tersebut, yaitu kesenian ketoprak.

Ketoprak (kethoprak) adalah kesenian rakyat Jawa yang berasal dari Jawa Tengah. Hampir mirip sebuah teater yang mengandung unsur utama berupa dialog, tembang, dagelan dengan diiringi oleh gamelan. Pemainnya terdiri dari pria dan wanita yang membawakan gerak laku cenderung lucu dan unik. Didalamnya juga terdapat unsur tari yang membuat kesenian tersebut disukai oleh banyak kalangan tua dan muda.

Ketoprak merupakan seni panggung yang khas terutama melalui ceritanya yang mempertunjukkan kisah-kisah masyakarat Jawa, baik kisah legenda, kepahlawanan, ataupun kehidupan sehari-hari. Seperti yang diceritakan oleh Ketoprak Langen Wandowo yang berasal dari Desa Kaliombo, Kec. Sulang Kab. Rembang Pimpinan Bp. Bagio yang tampil pada acara 17an Desa Tanjung. 

Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, semua warga Desa Tanjung yang menonton kesenian ketoprak diwajibkan memakai masker, tak lupa di sekitar lokasi juga disediakan tempat untuk mencuci tangan. Walaupun pemerintah sudah menerapkan aturan New Normal akan tetapi tetap kita harus menjaga diri agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung