Segala Pelayanan dapat Dilakukan di Kantor Pemerintah Desa Tanjung | Jangan lupa selalu Pakai Masker, Cuci tangan dengan sabun dan Sosial Distancing  

SEJARAH DESA TANJUNG KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG

Ahmad Feri | 04 Januari 2022 22:38:09 | 11.790 Kali

Sejarah terbentuknya Desa Tanjung Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang belum ada literasi yang memadahi dan akurat. Namun berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat menyebutkan bahwa pada awalnya wilayah Desa Tanjung merupakan lautan. Hal ini mungkin saja sesuai dengan arti kata yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kata ”Tanjung” memang berarti sebuah daratan yang menjorok ke lautan.

Ada cerita yang berkembang pula bahwa Nama Tanjung itu berasal dari pemberian seorang salah seoang Senopati dari Kerajaan Mataram yang bernama Aryo Tedjo Nogo Peksi. Menurut cerita, dia datang ke sebuah wilayah bersama istrinya yang bernama Sri Tanjung.

Hingga akhirnya wilayah yang didatanginya tersebut diberi nama Desa Tanjung sebagai salah satu upayanya mengabadikan nama istrinya dan sebagai wujud cinta kasihnya kepada sang istri. Hingga sekarang nama tersebut tetap terabadikan sebagai Desa Tanjung.


Demikian sejarah singkat Desa Tanjung yang diwariskan secara turun temurun dari warga desa setempat. Desa Tanjung Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang diketahui sudah enam kali berganti kepemimpinan Kepala Desa, yaitu:

a. Sutarji : (1950 s/d 1970)
b. Muntani : (1970  s/d 1980)
c. Machali : (1980 s/d 1990)
d. Subaidi : (1990 s/d 2000)
e. Muhtarom : (2000  s/d 2013)
f. Akhmad Erfin Rianto, S.Pd.I : (2013 s/d 2019)
g. Muhtarom : (2020 s/d 2026)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung