Segala Pelayanan dapat Dilakukan di Kantor Pemerintah Desa Tanjung | Jangan lupa selalu Pakai Masker, Cuci tangan dengan sabun dan Sosial Distancing  

Pemdes Tanjung Gelar Rembug Stunting

Ahmad Feri | 11 Oktober 2022 11:23:32 | Berita Desa | 554 Kali

Tanjung-rembang.desa.id-Dalam Rangka melaksanakan Pencegahan dini terhadap terjadinya Stunting pada Balita, Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Kecamatan Sulang menggelar kegiatan Rembug Stunting. Kegiatan yang menghadirkan para ibu-ibu ini dilaksanakan di Balai Desa Tanjung pada Senin (10/10/2022) sekitar pukul 09.30 WIB.

Yuni Ristiani, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Sulang mengatakan Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak, yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya. Menurutnya salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting. 

"Termasuk salah satunya adalah prioritas penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2022 juga untuk pencegahan stunting. Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih”, ungkap Yuni.

Ahmad Feritri Ardianto, Sekretaris Desa (Sekdes) Tanjung menyampaikan bahwa alokasi anggaran untuk Bidang Kesehatan di Desa Tanjung telah dimaksimalkan. Dia menyebutkan operasional Posyandu dari Alokasi Dana Desa (ADD) memperoleh anggaran sebesar Rp.3.000.000,- dan fasilitasi kegiatan PPKBD dan Sub-PPKBD sebesar Rp. 3.000.000,- dari Dana Desa (DD).

"Selain itu masih ada alokasi anggaran untuk kegiatan pemberian makanan tambahan, baik untuk balita maupun lansia dan kelas ibu hamil. Selain itu juga ada pengadaan alat-alat kesehatan dengan total anggaran dari Dana Desa (DD) sebesar Rp.27.000.000,- dan Fasilitasi kegiatan KPM sebesar Rp.6.400.000,-" katanya.

Dengan kegiatan Rembug Stunting ini Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung berharap agar tidak ada balita yang kekurangan gizi. Menurut Ahmad Feri, para kader posyandu memiliki peranan sangat penting dalam melakukan pencegahan terhadap Stunting.

"Kami sampaikan terimakasih kepada segenap kader Posyandu dan kader PKK yang telah secara rutin melaksanakan kegiatan setiap bulan khususnya dalam pemberian PMT maupun pemeriksaan kesehatan Balita secara berkala," ujar Ahmad Feri.

Untuk diketahui, dalam kegiatan Rembug Stunting ini dihadiri oleh perwakilan Kader Posyandu Desa Tanjung, Kader PKK, Guru PAUD, Perangkat Desa, anggota BPD dan Perwakilan masyarakat. (ADMIN)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung